Monday, July 9, 2012

Contoh Java Web Application

Beberapa waktu yang lalu saya pernah upload contoh complete application java GUI yaitu System Informasi Perpustakaan. Kali ini saya berikkan contoh complete java web application tentang Blog Sederhana. Di web application ini juga saya gunakan patern MVC dimana Model, Visual dan Controller saya letakan pada class terpisah. Web application sangat sederhana dan hanya untuk belajar mahasiswa, saya tidak menggunakan framework apapun, karena saya pikir belum saatnya mereka menggunakan framework sampai mereka benar-benar mengerti dasar proses pembuatan web application dengan java.

Untuk model saya gunakan class java biasa. Semua service untuk manipulasi data saya letakan di class ini. View untuk menampilkan data saya gunakan hanya JSP biasa. Dalam View murni hanya menampilkan data, jadi tidak ada satupun fungsi untuk koneksi apalagi manipulasi data. Untuk controller saya gunakan servlet. Pada class controller semua request dari view di terima, kemudian diproses sesuai dengan jenis halaman apa yang di request oleh view. Request selanjutnya diteruskan dan dilengkapi dengan data yang akan ditampilkan pada response. Data yang diberikan tentu saja data dari service yang ada pada class model.
Tampilan jsp web blog ini sangat sederhana, tapi anda dapat mengganti view jspnya dengan desain anda sendiri atau template yang bisa anda download dari internet. Dan untuk modifikasi tampilan, pastikan code jspnya tidak berubah.
Bagi anda yang ingin belajar atau sekedar jadi referensi, silahkan download pad link dibawah. Web application ini saya buat dengan Netbeans 6.9.1. dan web server Apache tomcat 6.0.26. Untuk koneksi database mysql saya masih menggunakan Jdbc. Saat anda buka dengan netbeans, jangan lupa jalankan sqldump yang ada di file blog.sql dalam folder database. Pastikan username dan password pada class DbUtility anda seting sesuai dengan username dan password mysql anda. Default value yang saya berikan anda adalah username root dan password kosong. Setelah itu project blog sederhana bisa langsung anda jalankan.
Berikut adalah beberapa screenshotnya.


Home
Page Home

Page Detail

Page Detail

Page Komentar

Page Komentar

Page Register

Page Register

Page Login
Page Login

Page Posting

Page Posting
Bagi yang ingin belajar silahkan Download

0 komentar:

Post a Comment